*اللهم صلى على سيدنامحمد * اللهم صلى على سيدنامحمد * اللهم صلى على سيدنامحمد *
Tiga sifat manusia yang merusak adalah, kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti, serta sifat mengagumi diri sendiri yang berlebihan. – Nabi Muhammad Saw

Recent Coment

Do'a Akhir Dan Awal Tahun Hijriyah

Saudara Muslimin Muslimat Rohimakumulloh.
Kita akan memasuki Tahun baru 1 Muharram 1432 Hijriyyah.
di penghujung Akhir Tahun 1431 H (Akhir bulan Dzulhijjah),

di Awal Tahun 1432 H (Tgl 1 Muharam), ada doa yang dianjurkan untuk di baca:

1. DOA AKHIR TAHUN (Sebelum Maghrib)
Do'a ini hendaknya dibaca tiga kali pada akhir waktu ashar tanggal 29 atau 30 bulan Dzulhijjah.
Fadhilahnya adalah barang siapa membaca do'a Akhir Tahun.
Maka syaithan akan berkata:
"Kesusahanlah bagiku, dan sia-sia lah pekerjaanku menggoda anak Adam (manusia) pada satu tahun ini, karena mereka mengerjakan amal ini hanya dalam waktu lebih kurang 1 jam"

Setelah membaca Surotul Fatihah satu Kali,
selanjutnya inilah do'a AKHIR TAHUN:  


Bismillaahir-Rohmaanir-Rohiim
Wa shollalloohu 'ala sayyidinaa Muhammadiw wa 'alaa aalihi wa shohbihii wa sallam.
Alloohumma maa 'amiltu fii haadzihis-sanati mimmaa nahaitanii 'anhu fa lam atub minhu wa lam tardhohuu wa lam tansahuu wa halamta 'alayya ba'da qudrotika 'alaa ‘uquubati ilattaubati minhu ba'da jur'ati ‘alaa ma'shiyatika fa inni astaghfiruka faghfirlii wa maa 'amiltu fiihaa mimma tardhoohu wa wa'attanii 'alaihits-tsawaaba fa as'aluka allahumma yaa kariimu yaa dzal-jalaali wal ikroom, an tataqobbalahuu minnii wa laa taqtha' rojaa-i minkaa yaa kariim.
wa shollalloohu 'alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummii wa 'alaa 'aalihi wa shohbihi wa sallam.
  
Artinya:
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW,beserta para keluarga dan sahabatnya.
Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat dan Engkau tidak meridhoi. padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya, dan Engkau telah menyuruh saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat.
Karena itu ya Allah, saya mohon Ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu. atas segala apa yang telah saya kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhoi dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada-Mu,
wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan,
semoga berkenan menerima amal kami dan ...
semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah.
Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Nabi Muhammad Shollallahu 'alaihi Wasallam, keluarga dan sahabatnya.
Amin yaa robbal 'alamin.

Setelah membaca Doa ini, akhiri lagi dengan surotul Fatihah satu kali.

2. DOA AWAL TAHUN (Setelah Maghrib)

Saat terbenamnya Matahari atau Ba’da Maghrib timbul awan merah Jingga, itulah tanda tanggal 1 Muharam telah Tiba.
Saat itu pula kita mengucapkan selamat datang dengan membaca doa Awal Tahun.
Fadhilahnya Barangsiapa yang membaca do’a awal tahun,
Maka syaithan akan berkata :
"Alangkah bahagianya orang itu, dia akan dilindungi dari godaan godaanku pada sisa umurnya, karena Allah mengutus dua malaikat untuk menjaganya dari godaan godaanku"

Setelah membaca Suratul Fatihah 1 Kali,
selanjutnya inilah do'a AWAL TAHUN:



Bismillaahir-Rohmaanir-Rohiim
Wa Shollallaahu 'alaa sayyidinaa wa maulaanaa Muhammadiw wa 'alaa 'aalihi wa shohbihii wa sallam.
Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwal, wa 'alaa fadhlikal-'adhimi wa juudikal-mu'awwali, wa hadzaa 'aamun jadiidun qad aqbala ilainaa nas'alukal 'ismata fiihi minasy-syaithooni wa auliyaa'ihi wa junuudihi wal'auna 'alaa haadzihin-nafsil-amaarati bis-suu'i wal-isytighoola bimaa yuqorribunii ilaika zulfa yaa zal-jalaali wal-ikrom.
Yaa arhamar-Roohimiin, wa shollalloohu 'alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummii wa 'alaa 'aalihi wa shohbihi wa sallam
Amin yaa rabbal 'alamin.

Artinya:
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya.
Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal.
Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung.
Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya.
Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan, agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan.
Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad Shollallahu 'alaihi Wasallam, beserta keluarga dan sahabatnya.
Amin yaa robbal 'alamin

Saudara Muslimin Muslimat Rohimakumulloh.
Selain doa doa diatas Sebaiknya pada siang dan malam harinya kita memperbanyak ibadah,
Yang dianjurkan adalah Membaca Ayat Kursyi sebanyak 360 kali.



Setelah selesai Membaca Ayat Kursyi, selanjutnya membaca doa Ini :

ALLAHUMMA YA MUHAWWILAL AHWAALI HAWWIL HAALII 'ALA AHSANIL AHWAALI BIHAULIKA WAQUWWATIKA YA 'AZIIZUN YAA MUTA'AALII, WASHOLLALLAHU 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA'ALAA AALIHII WASHOHBIHII WASALLAM

artinya :
Ya Allah, Dzat Yang suka memutar balikkan hal ihwal (kelakuan), balikanlah kelakuanku kepada Yang terbaik dengan daya upaya Engkau, Wahai Dzat Yang Maha Mulia, Yang Agung dengan Rahmat dan keselamatan, semoga tetap kepada Junjungan kami Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi Wasallam beserta keluarganya dan sahabat sahabatnya.

Amin Amin Yaa Robbal 'aalamiin... 



Kumpulblogger.com

1 komentar:

herizal alwi mengatakan...

Ternyata ada yang berbeda pendapat juga ttg

Hukum Tentang Apa yang Dikenal dengan Do’a Akhir Tahun
SOAL:

بسم الله الرحمن الرحيم وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه.
Aku ingin dari kebaikan antum untuk menampakkan pendapat mengenai sahnya perkataan ini dan bolehnya mengamalkannya, yaitu do’a akhir tahun. Pada akhir hari setiap tahun berwudhu dan shalat sunnat dua raka’at waktu dhuha kemudian berdoa dengan do’a ini:

Dengan nama Allah yang Maha Rahman dan Maha Rahim. Shalawat dan salam atas sayyidina Muhammad dan atas keluarganya dan sahabatnya. Ya Allah, apa yang Engkau ketahui pada tahun ini dari apa yang Engkau larang padaku darinya lalu aku belum bertaubat darinya dan Engkau belum meridhoinya, dan aku telah melupakannya sedang Engkau tidak melupakannya dan kemurahan hatiMu atasku setelah kekuasaanMu untuk menyiksaku dan ajakanMu padaku untuk bertaubat setelah keberanianku atas bermaksiat kepadaMu maka sesungguhnya akau minta ampun kepadaMu, maka ampunilah aku dengan keutamaan-Mu. Dan apa yang aku kerjakan pada tahun ini dari apa yang Engkau ridhoi dan Engkau janjikan atasnya pahala, maka aku minta kepadaMu ya Allah Ya kariem, ya Dzal Jalali wal Ikram untuk mengabulkanku, dan jangan Engkau putuskan harapanku dariMu ya Kariem. Shalawat dan salam atas sayyidina Muhammad dan keluarganya serta sahabatnya.

Dikerjakan seperti itu setelah tergelincirnya matahari, kemudian sebelum shalat ashar. Dengan demikian berdoa pada hari ini tiga kali. Apabila dikerjakan yang demikian maka menjadikan syaitan berkata; kami telah berpayah-payah beserta orang ini sepanjang tahun, lalu susah-payahku (sepanjang tahun) itu dirusak dalam satu saat (saja).

FATWA:

Al-hamdu lillah. Shalawat dan salam atas Rasulillah, dan atas keluarganya dan sahabatnya.

Amma ba’du (setelah yang demikian) maka sungguh sebagian perkataan ini terdapat di kitab-kitab yang tidak mementingkan keshahihan hadits, seperti kitab Hasyiyah As-Syaikh Kanun ‘ala al-Banani. Telah kami teliti mengenai umumnya kitab-kitab As-Sunnah maka tidak kami dapati padanya satu dzikir pun. Maka yang benar adalah menjauhi dari do’a akhir tahun tersebut, karena sesungguhnya setiap bid’ah (ciptaan baru dalam agama) adalah sesat. Sedangkan kebaikan itu semuanya dalam ittiba’ (mengikuti Rasulillah shallallahu ‘alaihi wa sallam), dan keburukan itu semuanya dalam ibtida’ (bid’ah, ciptaan baru dalam agama).

Wallahu a’lam.

Mufti markaz Al-fatwa dengan bimbingan Dr Abdullah Al-Faqih. (Fatawa ashShabakah Al-Islamiyah, juz 115/ halaman 39/ islamweb, رقم الفتوى : 45049).

***
Sumber
http://www.nahimunkar.com/hukum-doa-akhir-tahun/

Artikel Terbaru

Tukeran link

Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali Penyejuk Hati