*اللهم صلى على سيدنامحمد * اللهم صلى على سيدنامحمد * اللهم صلى على سيدنامحمد *
Tiga sifat manusia yang merusak adalah, kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti, serta sifat mengagumi diri sendiri yang berlebihan. – Nabi Muhammad Saw

Recent Coment

Bohong Buat Kebaikan


Mungkin semua pernah mendengar frase tersebut terucap dari mulut orang lain, atau bahkan anda sendiri sering sekali mengucapkannya.
Hmmmm....... ibarat kaya Robin Hood kali yaaa mencuri demi kebaikan, tapi sayangnya ketika berbohong ini demi kebaikan siapa?

Kalo ga salah merujuk nih ya, istilah BOHONG DEMI KEBAIKAN ini bersumber dari salah satu kisah dari jaman Rasulullah SAW berikut:

Pada suatu hari, Nabi SAW sedang duduk, lalu melintaslah seseorang yang sedang berlari-lari, dia panik karena sedang dikejar oleh orang yang berniat buruk terhadapnya. dia yang melintas di depan Nabi SAW lalu berkata,"Tolong lindungi aku, aku sedang dikerjar orang"
Nabi SAW kemudian menggeser tempat duduknya. Orang itu lantas bersembunyi, tak lama kemudian orang yang mengejar tadi itu datang ke hadapan Nabi SAW lalu bertanya, "Ya Muhammad, apakah kau melihat orang yang kami kejar, berlari lewat sini?"
Nabi SAW lalu menjawab, "Sejak saya duduk disini, tidak ada orang yang melintas"
Kaum itu pun kemudian pergi.

Dan kisah ini menjadi landasan bagi orang-orang untuk berbohong dan lahirlah istilah BOHONG BUAT KEBAIKAN. kalo bahasa lainnya itu sih White Lies......Berikut penjelasannya, berdasarkan kisah tersebut yang kuketahui.....tapi satu hal yang bisa kukatakan......NABI SAW TIDAK BERBOHONG KETIKA ITU.....
Jadi...kalo berdasarkan kisah yang kutahu.....ketika itu, sebelum kaum yang mengejar itu datang, nabi berpindah tempat duduknya. dan Nabi SAW berkata itu, "Sejak saya duduk disini, Saya tidak melihat ada yang melintas"
jadi, NABI TIDAK BERBOHONG...........
lalu mengapa hal ini lantas menjadi alasan orang untuk berbohong demi kebaikan???

Apakah Bohong Buat Kebaikan itu ada....?
okay....secara senses yaa......berbohong buat kebaikan itu emang baik.....dan kurasa kalo emang bener, Allah pun pasti akan memaafkan....
Tapi ada syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum berbohong demi kebaikan itu!!!!!
Bohong ini dosa yang bisa dibilang lumayan cemen sih, maksudnya bisa aja dilatih buat nggak bohong....
Pernah denger ga, "Kejujuran itu lebih baik...meski itu menyakitkan" karena dari sakit akibat kejujuran itu, kita akan belajar sebuah pelajaran yang berharga......

Jadi sebisa mungkin biasakanlah untuk jujur dan hindarilah berbohong sekecil apapun itu....
ataupun kalo emang mau berbohong.....tolong bener-bener dipertimbangkan......untuk kebaikan siapa......

Kalo sekali udah biasa berbohong, kita akan semakin biasa berbohong......Dosa yang ditutupi dengan dosa.....dan ditutupi dengan dosa.....
hati-hati.............

Dari Ummu Kalsum binti ‘Uqbah r.a sesungguhnya ia mendengar Rasulullah SAW bersabda : “Bukanlah termasuk pendusta orang yang mendamaikan manusia. Ditambahnya yang baik atau dikatakannya yang baik”. (Bukhari)

Berdusta atau berbohong adalah satu sifat yang dikeji. Namun ada juga bohong yang yang bertujuan untuk mendamaikan orang yang bertelagah.

Umat Islam pada hari ini masih lagi terumbang-ambing, lemah, miskin dan berpecah belah meskipun Islam sesungguhnya amat menggalakkan perpaduan, kesatuan, persefahaman dan keharmonian dalam kehidupan sejagat.
Dalam erti kata lain, Islam melarang umatnya bergaduh, berperang apalagi bertengkar sesama sendiri sehingga melibatkan perbuatan mencederakan, membunuh dan sebagainya.

Inilah sebabnya mengapa Islam memuliakan seorang manusia yang berusaha untuk mendamaikan orang yang bertelagah meskipun terpaksa dilaksanakan dengan cara menipu (perkara yang harus) demi menjalinkan semula ikatan persaudaraan tersebut agar keadaan kembali menjadi aman dan damai.
 
Jadi, menipu atau berbohong yang bertujuan ke arah kebaikan tanpa ada sebarang niat lain melainkan kerana Allah adalah boleh.

     Baca Juga :
 



sumber:http://chronov.multiply.com/journal/item/330/Bohong_Buat_Kebaikan

sumber:http://hadis.cikedis.com/bohong-yang-diharuskan 
KumpulBlogger.com

Tidak ada komentar:

Artikel Terbaru

Tukeran link

Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali Penyejuk Hati